BANK SOAL BAHASA INDONESIA PER KD

BANK SOAL BAHASA INDONESIA

KELAS/SEMESTER : VIII/1

KOMPETENSI DASAR PEMBUAT SOAL SUDAH/BELUM
2.1 Berwawancara dengan narasumber  dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara SMPN 1 Karanggeneng Sudah
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat ensiklopedia/buku telepon dengan membaca meminda SMPN 1 Karangbinangun Sudah
3.2 Menemukan tempat atau arah  dalam konteks sebenarnya  sesuai dengan yang tertera pada denah SMPN 2 Karangbinangun Sudah
4.2 Menulis surat dinas  berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dengan bahasa baku SMPN 1 Brondong Sudah
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu  dengan urutan yang tepatdan menggunakan bahasa yang efektif SMPN 1 Maduran Sudah
5.2 Mengevaluasi pemeranan tokoh dalam pementasan drama SMPN 2 Laren Sudah
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama SMPN 1 Babat Sudah
8.2 Menulis kreatif naskah drama  satu babak dengan memperhatikan  kaidah penulisan naskah drama SMPN 4 Babat Sudah
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar SMPN 2 Karanggeneng Belum
3.4 Menyimpulkan  isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit SMPN 1 Paciran Belum
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar SMPN 2 Paciran Belum
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama SMPN 1 Laren Belum
6.2 Bermain peran  dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa SMPN 2 Pucuk Belum
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia SMPN 2 Babat Belum
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide SMPN 3 Babat Belum
1.1

1.2

Menganalisis Laporan

Menanggapi isi Laporan

SMP N  2 Sekaran Belum

1KOMPETENSI  DASAR : Berwawancara dengan narasumber  dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

1. Seorang siswa sedang  mewawancarai Kepala Desa Sukaria dengan topik masalah lingkungan.

    Daftar pertanyaan yang sesuai dengan topik tersebut adalah….

    a. –Apa benar bapak sebagai kepala desa?

      -    Sudah lama bapak membenahi lingkungan?

      -    Apakah keadaan lingkungan di desa ini sudah baik?

      b. –Usaha apa saja yang bapak lakukan untuk mengatasi limbah?

        -    Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap usaha bapak?

        -    Manfaat apa yang dirasakan masyarakat dari program kebersihan lingkungan?

        c. –Apakah msayarakat ikut berpartisipasi  dalam kebersihan?

          -    Apa saja yang bapak  lakukan selama menjabat kepala desa?

          -    Bagaimana pendapat bapak terhadap pencemaran sungai?

          d – Berapa lama bapak menjabat kepala desa?

            -    Apakah lingkungan di desa Sukaria sudah bai?

            -    Apakah warga Desa Sukaria menyadari pentingnya kebersihan lingkungan?

            2.  Kriiing…

              Guru                : Halo, selamat pagi

              Siswa               :…

              Guru                : Ya, saya sendiri. Ada apa?

              Siswa               : Saya Willy kelas VIIIB. Karena ayah dan ibu saya sakit, hari ini saya tidak masuk sekolah.

              Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah….

              a.      Halo, siapa di situ? Saya ingin berbicara dengan pak Surya

              b.       Selamat pagi, bisakah saya bicara dengan Pak Surya?

              c.      Halo… kalau tidak keberatan saya ingin bicara dengan Pak Surya?

              d.      Selamat pagi, apakah Anda Pak Surya? Saya ingin bicara dengannya.

              3.  Aman              : “Sebaiknya rapat lanjutan rencana kegiatan ini diadakan di rumah kita minggu depan.

                Amin               : “….”

                Sanggahan  yang logis dari Amin adalah….

                a. Saya menganggap pendapat Aman yang kelihatannya ingin menang sendiri dalam suatu organisasi.

                b. Saya tidak setuju kalau rencana rapat ini akan diadakan di rumah salah satu teman. c. Saya tidak sependapat dengan pendapat Aman yang merencanakan rapat di luar jam sekolah.

                d. Saya kurang sependapat dengan pendapat itu kalau diadakan di rumah akan merepotkan keluarga tersebut.

                4. Ana     :”Rin, saya senang kamu mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah karena kamu menang dalam lomba  catur.

                    Rina     :”Iya, itu karena kebetulan saja.”

                    Ana     :”….”

                    Rina     :”Terima kasih Ana kamu adalah sahabatku yang baik.”

                    Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut adalah….

                    a. Selamat atas keberuntunganmu

                    b. Selamat atas kebahagiaanmu

                    c. Selamat atas kegemiraanmu d. Selamat atas keberhasilanmu

                    5. Ahnad :”Bolehkah saya mengetahuinama Anda?”

                      1. Basri    :”Nama saya basri.”

                        Ahmad            :”Anda berasal dari mana?”

                        Basri    :”Saya berasal dari Lampung.”

                        Ahmad            :”Anda sekolah di SMP berapa?”

                        Basri    :”Di SMP 30 Bandar Lampung.”

                        Kesimpulan hasil wawancara di atas adalah….

                        a. Ahmad ari Lampung bersekolah di SMP 30 bandar Lampung

                        b. Basri berasal dari Lampung

                        c. Basri dan Ahmad bersekolah di SMP 30 bandarLampung

                        d. Basri dari Lampung bersekolah di SMP 30 Bandar Lampung

                        6. Pada saat merayakan ulang tahunnya. Yanti menyampaikan ucapan terima kasih kepada teman-teman yang datang. Pertanyaannya dilaksanakan dengan sederhana, undangannya terbatas. Yanti selalu bersyukur kepada Tuhan karena orang tuanya sangat menyayanginya.

                            Penggalan teks sambutan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….

                            a. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman saya  yang datang pada perayaan ualang tahunnya.

                            b. Saya bersama teman-teman merayakan ulang tahun  saya  yang sangat sederhana ini. c. Saya hanya mengundang beberapa teman pada ulang tahun saya yang sangat sederhana ini.

                            d. Saya selalu bersyukur kepada Tuhan  yang atas keberhasilannya saya selama ini.

                            7. Dia baru beberapa hari keluar dari penjara. Kalimat di bawah ini yang merupakan pertanyaandari kalimat di atas adalah….

                            a. Mulai kapan dia dikkeluarkan dari penjara?

                            b. Kapan dia dikeluarkan dari penjara?

                            c. Berapa lama dia dimasukkan ke dalam penjara?

                            d. Sudah berapa hari dia dikeluarkan dari penjara?

                                  7. Dokter :”Putra ibu sakit apa?”

                                  Ibu       :”Tidak sakit, Dok. Hanya perlu imunisasi?”

                                  Dokter :”O, imunisasi apa, Bu?”

                                  Ibu       :”Campak, Dok, karena anak saya sudah sembilan bulan”

                                  Dokter :”Wah, Ibu ternyata ibu yang baik. Selalu memperhaikan kebutuhan putranya.”

                                  Ibu       :”Ah, Doketer bisa saja!”

                                  Dokter :”Ya, karena  kadang-kadang seorang ibu lupa akan perlunya imunisasi lengkap bagi anaknya. Padahal imunisasi itu harus.”

                                  Ibu       :”memang berbahaya, Dok, kalau lupa?”

                                  Dokter :”O, jelas sangat berbahaya bagi perkembangan anak. Silakan, Bu!”

                                  Informasi penting yang terdapat dalam percakapan di atas adalah….

                                  a. Anak yang dibawa ke dokter karena sakit

                                  b. Ibu yang selalu memperhatikan anaknya

                                  c. Perlunya imunisasi lengkap bagi anak

                                  d. Bahayanya bila anak tidak imunisasi

                                      8. Dendy ;”Halo! Bagimana kabarmu, Nen?”

                                      Neny   :”Baik-baik!”

                                      Dendy :”Dengar-dengar kamu menjadi peringkat satu di kelasmu!”

                                      Neny   :”Alhamdulillah!”

                                      Dendy :”….”

                                      Ucapan selamat yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah….

                                      a. Selamat, semoga prestasimu bermanfaat untuk masa depan

                                      b. Selamat, semoga berhasil dalam meraih cita-cita tinggi.

                                      c. Selamat atas keberhasilanmu menjadi juara kelas

                                      d. Selamat, saya turut berbahagia atas kepandaianmu

                                      9.  Seorang ayah menerima telepon dari putrinya yang menyatakan bahwa putrinya naik ke kelas VIII.

                                          Ani      :”Halo! Selamat siang. Betulkah ini nomor 453800?”

                                          Ayah   :”Ya betul! Siapa ini?”

                                          Ani      :”Ani! Apakah ayah ada?”

                                          Ayah   :”Oh, Ani? Ini ayah sendiri.”

                                          Ani      :”Yah, Ani naik ke kelas VIII!”

                                          Ayah   :”….”

                                          Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan lewat telepon  tersebut adalah….

                                          a. Ah, masak kamu naik

                                          b. Tentu, Ani, kan anak ayah

                                          c. Syukurlah, Ayah bahagia

                                          d. Mudah-mudahan saja

                                          10. Hal-hal berikut ini yang tidak termuat dalam laporan perjalanan adalah….

                                          a. Pendapat penulis tentang kesan  yang dirasakan selama perjalanan

                                          b. Melaporkan rencana sebelum melakukan perjalanan

                                          c. Menerangkan rincian waktu selama perjalanan

                                          d. Menceritakan tempat yang dikunjungi

                                            1. KOMPETENSI DASAR;
                                              1. Hal yang tidak perlu disampaikan dalam menanggapi laporan perjalanan yang dibuat teman dalam sebuah diskusi adalah….
                                                1. memahami benar isi laporan
                                                2. memberikan tanggapan berdasarkan fakta di lapangan
                                                3. menyampaikan saran sesuai dengan pendapat pribadi
                                                4. menanggapi laporan demi penyempurnaan laporan yang telah ada
                                              1. Dari penginapan sampai objek wisata, rencana ditempuh dalam waktu dua jam. Karena adanya kerusakan pada bus yang kami tumpangi, akhirnya perjalanan tersebut sampai memakan waktu tiga jam lebih

                                              Berdasarkan penyampaian laporan perjalanan di atas , laporan tersebut menggunakan pola….

                                                1. urutan waktu
                                                2. urutan topik
                                                3. urutan tempat/ruang
                                                4. urutan kausal
                                              1. Bapak guru yang kami hormati dan teman-teman yang kami cintai. Pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan  laporan perjalanan yang telah dibuat oleh kelompok V. Laporan perjalanan yang akan kami sampaikan  mencakup tiga hal, yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup.

                                              Penyampaian laporan perjalanan tersebut menggunakan urutan….

                                                1. waktu
                                                2. topik
                                                3. ruang
                                                4. kausal
                                              1. Jika kamu akan melaporkan hasil perjalanan/kunjungan ke Monas dengan urutan topik, hal-hal yang tidak perlu disampaikan adalah….
                                                1. Latar kegiatan
                                                2. Tujuan kegiatan
                                                3. Kegiatan dalam perjalanan
                                                4. Tanggapan orang tua terhadap kegiatan itu
                                              1. Tujuan kunjungan ini ialah memberikan gambaran secara langsung kepada siswa tentang proses pembuatan tahu. Dengan demikian, diharapkan siswa mengetahui potensi daerah tempat tinggalnya sehingga setelah lulus dapat mengembangkan usaha yang berhubungan dengan potensi tersebut.

                                              Berdasarkan paragraf di atas bagian tersebut sangat cocok disampaikan dalam laporan perjalanan, terutama pada bagian….

                                                1. sistematika
                                                2. tujuan
                                                3. kesan
                                                4. kegiatan
                                              1. Sungai Mahakam di Propinsi Kalimantan Timur pertengahan Agustus 2007. Meskipun sedang dipeluk kemarau, air sungai tetap mengalir deras. Mahakam bukan sungai terbesar di kalimantan, kalah dari Barito an Kapuas. Tetapi Mahakam mencatat sejarah lebih panjang dan menjadi saksi bahwa di hulunya pernah berdiri negara paling kuno di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

                                              Penyampaian laporan  perjalanan tersebut menggunakan urutan

                                                1. tempat
                                                2. waktu
                                                3. topik
                                                4. kausal
                                              1. Penulisan laporan yang paling tepat adalah….
                                                1. Sungai Mahakam di Propinsi Kalimantan Timur pertengahan Agustus 2007
                                                2. Sungai Mahakam di Provinsi Kalimantan Timur pertengahan agustus 2007
                                                3. Sungai mahakam di propinsi Kalimantan Timur pertengahan Agustus 2007
                                                4. Sungai Mahakam di Provinsi Kalimantan Timur  pertengahan Agustus 2007
                                              1. Flu burung adalah penyakit  yang mengerikan dan berbahaya sebab pencegahan dan cara pengobatannya belum ada yang tahu.

                                              Kalimat di atas akan menjadi benar jika kata tersebut diubah menjadi….

                                                1. flu burung → vlu burung
                                                2. mengerikan → menyakitkan
                                                3. berbahaya → membahayakan
                                                4. pencegahan → penanggulangan
                                              1. Sekolah sedang mengadakan perlombaan sepak bola antar kelas.

                                              Kalimat tersebut akan menjadi baku  jika diubah menjadi….

                                                1. Sekolah sedang mengadakan pertandingan sepak bola antarkelas.
                                                2. Sekolah sedang mengadakan perlombaan sepak bola antarkelas.
                                                3. Sekolah mengadakan perlombaan sepak bola antarkelas.
                                                4. Sekolah sedang mengadakan perlombaan sepakbola antar kelas.
                                              1. Karena mempunyai akomodasi lengkap Jakarta dapat menampung atlet dan ofisial dalam jumlah besar. Di Jakarta pun tersedia tenaga pelaksana lomba dan pertandingan  yang terlatih. Wasit atau juri pun mudah dicari.

                                              Jika kita ingin mengurutkan kata yang dicetak miring pada  paragraf di atas menjadi sebuah urutan yang alfabetis adalah….

                                                1. akomodasi, atlet, lomba, ofisial, wasit
                                                2. akomodasi, atlet, juri, lomba, ofisial, wasit
                                                3. atlit, akomodasi, lomba, ofisial, juri, wasit
                                                4. atlit, akomodasi, juri, lomba,ofisial, wasit
                                              1. Buku yang berisi nama-nama  pelanggan telepon pada jaringan di suatu wilayah dengan memperhatikan penyusunannya secara sistematis dan alfabetis biasa disebut dengan….
                                                1. buku telepon
                                                2. buku diary
                                                3. buku harian
                                                4. buku ensiklopedia
                                              1. Perhatikan daftar pelanggan telepon berikut ini!

                                              AB Motor Papandayan 67-69……………..231589

                                              Aa Juandy Oto Iskandardinata…………….540062

                                              Aam Soelaiman Oto Iskandardinata…….239916

                                              Abdurrahman Al Jufri 17……………………232544

                                              Abdurrahman Assegaf 05…………………….391098

                                              Abdurrahman Assegaf………………………..391198

                                              Abdurrohiem Assalafi 99…………………….776508

                                              Budiman 8B……………………………………..231588

                                              Budi Satrio……………………………………….233277

                                              Cohyo Toko Ciledug 117…………………..235690

                                              Fadhilah Kp. Rawa Wetan 162…………..237709

                                              Jika kita ingin mambaca  atau mencari nomor  telepon Abdurrahman Assegaf, nomor  teleponnya adalah….

                                              1. 391198
                                              2. 391098
                                              3. 391118
                                              4. 239198
                                              1. Nama pelanggan yang bernomor telepon 233277 adalah….
                                                1. AB Motor papandayan 67-69
                                                2. Cohyo Toko Ciledug 117
                                                3. Fadhillah Kp. Rawa Wetan 162
                                                4. Budi Satrio
                                              1. Buku (serangkaian buku yang menghimpun uraian tentang berbagai cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel-artikel terpisah dan yang biasanya tersusun menurut abjad disebut….
                                                1. jurnal
                                                2. ensiklopedia
                                                3. primbon
                                                4. peta

                                              Perhatikan  kutipan ensiklopedia berikut ini!

                                              Tsiolkovsky, Konstantin, Eduardovich (1857-1935)

                                              Ahli fisika Rusia yang melopori ilmu peroketan. Tetapi mungkin lebih penting karena peranannya dalam menyakinkan pemerintah dengan rakyat Sovyet untuk mengakui  potensi eksplorasi ruang angkasa  di masa datang. Ia perancang perama roket yang praktis; mengembangkan teori mekanika mengenai penerbangan roket,  memberikan gagasan tentang  penerbangan antarplanet. Pembuat salah satu terowongan angin pertama (+ 1892). Kepindan lebar di sisi jauh bulan dinamakan mengikuti namanya. Saat peluncuran Sputnik I merupakan hari peringatan ke-100 kelahirannya. Tsitsihar.

                                              Kota di Provinsi Heilungkiang (Cina Timur  laut) yang merupakan pusat industri

                                              Berat di Cina Utara bersama dengan Changchun dan Harbin. Juga memiliki industri logam dan makanan ternak. Pusat perdagangan , terletak pada lintas kereta api Vladivostok-Cina.

                                              Tsiombe, Moise *Tsiombe, Moise Kapenda.

                                              Tsuboichi, Shayo (1859-1935).

                                              Pengarang novel dan drama Jepang; pembaharu prosa dan drama, yang untuk jasa-jasanya didirikan Musium Teater Tsuboichi (Tsuboichi Memorial Theater Musium, 1928) di Tokyo.

                                              Dalam karyanya Shosetshu Shinzui (Hakekat Novel), ia meletakkan dasar  sastra modern  pertama; menolak corak didaktik  dan frivolitas karya periode Tokogawa

                                              Berasama Futabatei Shimei mereka berpendapat bahwa novel  gaya Eropa  untuk modernisasi  teknologi Jepang, maka novel adalah bentuk paling  sesuai untuk  melukiskan kehidupan modern. Futabetei menulis novel Drifting clounds (1889). Juga  bentuk drama  tradisional (Kabuki) mengalami perubahan; *Shaw, merupakan contoh-contoh  pembaharuan. Tsuboichi juga terkenal karena terjemahannya atas seluruh  karya Shakespeare dalam bahasa Jepang (40 jilid, 1907-1928). Karya-karya Tsuboichi bercorak realistis.

                                              Tsufu (Chufu). Tempat kelahiran *Khong Hu Cu, dekat Tsan di Provinsi Shantung. Tempat yang dipakai untuk memberikan pelajarannya, menarik banyak wisatawan

                                              Tsui Goab. Tokoh pahlawan dan dewa hujan serta dewa kesuburan dalam metologi suku Nama, dari rumpun  bangsa Hottentot di daerah Gurun *kalahari, Afrika Selatan. Setelah mengalahkan Gaunab, menciptakan orang-orang suku Nama daripada batu. Bertempat tinggal di dalam mega, dan apabila berbicara suaranya menggemuruh menjadi guntur. Olehnya hujan diturunkan, menyebabkan rumput menjadi subur dan hewan pun berkembang biak.

                                              Tsunami (Jepang=gelombang pelabuhan). Gelombang laut yang ditimbulkan oleh *gempa laut, atau  yang berhubungan dengan gempa bumi, misalnya tanah di dasar laut longsor, atau mengalami sesaran (Ing:fault), dan oleh letusan baik gunung api naupun bom atom. Kadang-kadang disebut gelombang seismik.

                                              Untuk soal nomor 6 s.d. 10 berhubungan dengan wacana di atas!

                                              1. Cuplikan ensiklopedia Indonesia tersebut terdiri dari….
                                                1. enam entri
                                                2. tujuh entri
                                                3. delapan entri
                                                4. sembilan entri
                                              1. Siapakah Tsui Goab?
                                                1. Tokoh pahlawan perang dari Jepang
                                                2. Tokoh pahlawan dan dewa hujan serta dewa kesuburan
                                                3. Seoang ahli fisika dan astronot dari Jepang
                                                4. Pengarang novel dan drama Jepang
                                              1. Kota manakah yang memiliki industri logam dan makanan ternak?
                                                1. Tsitsihir
                                                2. Tsufu
                                                3. Tsiombe, Mouse
                                                4. Tsiolkovsky, Konstantin Eduardovich
                                              1. Apakah peranan Shoyo Tsuboichi terhadap negaranya, Jepang?
                                                1. Pengarang novel dan drama Jepang; pembaharu prosa dan drama
                                                2. Sebagai tokoh pahlawan dan dewa hujan serta dewa kesuburan
                                                3. Perancang pertama roket yang praktis; mengembangkan teori mekanika mengenai penerbangan roket, memberikan gagasan tentang penerbangan antarplanet
                                                4. Sebagai peletak dasar ilmu peroketan di Jepang
                                              1. Apa yang dimaksud tsunami?
                                                1. Bandar pelabuhan
                                                2. Pengarang novel
                                                3. Dewa kesuburan
                                                4. Gelombang pelabuhan

                                              DENAH SMP NEGERI 2 KARANGBINANGUN

                                              5 1 2 3 4 19
                                              6
                                              U
                                              18
                                              7 17
                                              8 Pintu Masuk
                                              9 16
                                              10 11 12 13 14 15 20
                                              1. Lab. Komputer
                                              2. Lab. Bahasa
                                              3. Lab IPA
                                              4. Lab. Biologi
                                              5. Kelas 7A
                                              6. Kelas 7B
                                              7. Kelas 7C
                                              8. Kelas 8A
                                              9. Kelas 8B
                                              10. kelas 8C
                                              11. Ruang OSIS
                                              12. Ruang BK
                                              13. Ruang Gudep
                                              14. Ruang UKS
                                              15. Ruang KS
                                              16. Ruang tamu
                                              17. Ruang perpus
                                              18. kamar mandi
                                              19. Mushalla
                                              20. Ruang TU

                                              Bacalah dengan saksama denah tersebut kemudian kerjakanlah lima soal berikut ini!

                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….
                                                1. laboratorium IPA sebelah selatan lab. Bahasa
                                                2. laboratorium bahasa sebelah utara lab. Komputer
                                                3. laboratorium komputer sebelah timur perpustakaan
                                                4. musholla sebelah timur laboratorium  biologi
                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….
                                                1. musholla sebelah selatan  kamar mandi
                                                2. kamar mandi sebelah utara perpustakaan
                                                3. perpustakaan sebelah timur musolla
                                                4. ruang OSIS sebelah timur ruang TU
                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah…
                                                1. ruang BK sebelah barat ruang gudep
                                                2. ruang kasek sebelah utara ruang tamu
                                                3. ruang OSIS sebelah utara ruang gudep
                                                4. ruang TU sebelah timur ruang Kasek
                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….
                                                1. Ruang biologi sebelah utara laboratorium IPA
                                                2. Kelas 7A sebelah timur lab komputer
                                                3. Kelas 8c sebelah utara kelas 8B
                                                4. Ruang tamu sebelah selatan pintu
                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….
                                                1. laboratorium bahasa sebelah utara laboratorium IPA
                                                2. laboratorium bahasa sebelah selatan lab. komputer
                                                3. laboratorium bahasa sebelah barat  lab. IPA
                                                4. laboratorium bahasa sebelah timur lab IPA
                                              DENAH LOKASI KOTA SURABAYA
                                              Darmo
                                              Wono Kromo
                                              KBS DTC
                                              RSAL
                                              Masid Akbar A. Yani
                                              GIAN supermarket
                                              menangal Jl. Margoejo
                                              Universitas PETRA
                                              Mojokerto CITO SMA Hangtuah 2
                                              SMKN 3
                                              Terminal Purabaya
                                              Lapter Juanda
                                              Sidoarjo

                                              Bacalah dengan saksama denah di atas kemudian kerjakanlah lima soal berikutnya!

                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….
                                                1. terminal Purabaya berada di kota Surabya
                                                2. terminal Purabaya berada di Kab. Sidoarjo
                                                3. lapangan Juanda berada di Suarabaya
                                                4. Purabaya di Sidoarjo sedangkan Juanda di Surabaya
                                              1. Bila Anda berada di Jalan Ahmad Yani dan hendak menuju ke masjid Al-Akbar, jalan yang paling dekat adalah…
                                                1. Ahmad Yani, Margorejo, dan Darmo
                                                2. Ahmad Yani, Margorejo Menanggal
                                                3. Ahmad Yani, Wonokromo, Menanggal
                                                4. Ahmad Yani belok kiri ke Menanggal
                                              1. Bila Anda berada di SMKN 3, hendak ke GIAN supermarket jalan yang paling dekat adalah….
                                                1. Lewat Ahmad Yani ke arah selatan kemudian ke margorejp
                                                2. Lewat Ahmad Yani kearah barat , Manunggal, kemudian  ke Margorejo
                                                3. Lewat Ahmad Yani ke utara lurus Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL), Margorejo
                                                4. Lewat Ahmad Yani ke utara terus ke timur Jalan Margorejo
                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah…
                                                1. KBS berada di jalan  Ahmad Yani
                                                2. Gian Supermarket berada di jalan menanggal
                                                3. SMA Hang Tuah 2 berada di jalan Ahmad  Yani
                                                4. Universitas Petra berada di kabupaten Sidoarjo
                                              1. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….
                                                1. Dari SMA Hang Tuah 2 ke Universitas PETRA lebih jauh daripada ke RSAL
                                                2. Dari SMKN 3 ke Gian supermarket lebih jauh daripada ke DTC
                                                3. Dari CITO ke Masjid Al Akbar lebih jauh daripada ke KBS
                                                4. Dari SMA Hang Tuah 2 lebih dekat ke Universitas PETRA daripada ke RSAL
                                              1. Berikut ini bagian surat yang boleh tidak ada dalam surat dinas adalah….
                                                1. perihal
                                                2. kepala surat
                                                3. tembusan
                                                4. stempel lembaga
                                              2. Penulisan tanggal surat dinas yang benar adalah….
                                                1. lamongan: 4 agustus 2009
                                                2. Lamongan, 4 Agustus 2009
                                                3. 4 agustus 2009
                                                4. 4 Agustus 2009
                                              1. Penulisan alamat surat yang benar adalah….
                                                1. Kepada Yth. Bpk Yudofono

                                              di SMP Negeri 1 Brondong

                                                1. Yth. Bapak Yudhoyono

                                              di tempat

                                                1. Yth. Bapak Yudhoyono

                                              di SMP Negeri 1 Brondong.

                                                1. Yth. Bapak Yudhoyono

                                              di SMP Negeri 1 Brondong

                                              1. OSIS SMP Negeri 1 Brondong akan mengadakan pertandingan  voly persahabatan dengan OSIS SMP Negeri 1 Sukodadi. Bagian pembuka surat untuk menawarkan kegiatan tersebut yang baik adalah….
                                                1. Sehubungan dengan berakhirnya kegiaan PBM semester genap, kami bermaksud mengadakan pertandingan voly persahabatan. Untuk itu, kami mengundang Saudara untuk memeriahkan kegiatan tersebut.
                                                2. OSIS kami mengundang OSIS Saudara untuk pertandingan voly persahabatan
                                                3. Dengan berakhirnya kegiatan belajar mengajar semester genap, kami bermaksud mengundang Saudara untuk pertandingan voly persahabatan.
                                                4. Jika tidak keberatan, OSIS kami mengundang Saudara untuk pertandingan voly persahabatan
                                              2. Bagian isi surat undangan kegiatan tersebut di atas yang baik adalah….
                                                1. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

                                              Hari/tanggal                : Sabtu/4 Juli 2009

                                              Jam                              : 07.00 -11.00 WIB

                                              Tempat                        : Lapangan SMP Negeri 1 Brondong

                                                1. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

                                              Hari, tanggal               : Sabtu, 4 Juli 2009

                                              Jam                              : 07.00 -11.00 WIB

                                              Tempat                        : Lapangan SMP Negeri 1 Brondong

                                                1. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

                                              hari/tanggal                 : Sabtu/4 Juli 2009

                                              jam                              : 07.00 -11.00 WIB

                                              tempat                         : Lapangan SMP Negeri 1 Brondong

                                                1. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

                                              hari, tanggal                : Sabtu/4 Juli 2009

                                              jam                              : 07.00 -11.00 WIB

                                              tempat                         : Lapangan SMP Negeri 1 Brondong

                                              1. Penutup surat resmi yang baik berkaitan dengan kegiatan tersebut adalah….
                                                1. Atas perhatian saudara, OSIS kami mengucapkan banyak terima kasih.
                                                2. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
                                                3. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
                                                4. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.
                                              1. Penulisan nama dan jabatan pada surat dinas yang benar adalah….
                                                1. Hormat saya,

                                              Sekretaris

                                              Pamela Sutri

                                                1. Hormat saya

                                              Sekretaris

                                              Pamela Sutri

                                                1. hormat saya,

                                              sekretaris,

                                              (Pamela Sutri)

                                                1. Hormat Saya,

                                              Sekretaris

                                              Pamela Sutri

                                              1. Penulisan kepala surat yang baik adalah….
                                                1. ORGANISASI  SISWA INTRA SEKOLAH

                                              Smp negeri 1 brondong

                                              Jalan raya togoretno-brondong-lamongan telp. 0322-663773

                                                1. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

                                              SMP NEGERI 1 BRONDONG

                                              Jl. Raya Tlogoretno, Brondong, Lamongan, Telp. 0322-663773

                                                1. Organisasi Siswa Intra Sekolah

                                              SMP Negeri 1 Brondong

                                              Jl. Raya Tlogoretno, Brondong, Lamongan, Telp. 0322-663773

                                              1. OSIS SMP NEGERI 1 BRONDONG

                                              Jalan Raya Tlogoretno; Brondong; Lamongan. Telp. 0322-663773

                                              1. Yang termasuk contoh bahasa petunjuk melakukan sesuatu di bawah ini adalah….
                                                1. Komposisi: singkong, tepung terigu, tapioka, gula, garam, minyak nabati, perisa balado, pewarna makanan penyedap rasa
                                                2. Perhatian: – Jangan disimpan di frezer, – hindari sinar matahari langsung  dan temperatur tinggi
                                                3. Cara penggunaan: semprotkan OREN Lens Cleaner secukupnya pada kedua permukaan linsa, segera isap dengan tissue atau kain halus searah dengan lembut hingga kering.
                                                4. Kit Motor Multi Guna dengan silikon, mengkilapkan dan melindungi seluruh bodi motor yang teruat dari  bahan metal dicat atau dicromr, plastik, karet, kulit, feber dan vinyl, seperti tangki, kenalpot, stang, sayap, spatbor, panel, lampu, mesin, box, ban, pelek, skok breaker, dll.
                                              1. Bahasa petunjuk biasanya tidak terdapat pada….
                                                1. kemasan obat
                                                2. barang elektronik
                                                3. spanduk
                                                4. bungkus sabun
                                              1. Baila kamu akan menunjukkan cara membuat pigura, maka kerangka bahasa petunjuk yang tepat adalah….
                                                1. -bahan-bahan dan ukurannya

                                              -peralatan yang digunakan

                                              -cara membuatnya

                                              -cara memasangnya

                                                1. -Judul

                                              -bahan-bahan dan ukurannya

                                              -peralatan yang dipergunakan

                                              -cara membuatnya

                                              -cara  menyajikannya

                                                1. -Bahan-bahan dan ukurannya

                                              -Peralatan yang digunakan

                                              -Cara membuatnya

                                              -Tempat yang tepat untuk menggantungkannya

                                                1. -bahan-bahan dan harganya

                                              -peralatan yang digunakan

                                              -cara membuatnya

                                              -harga yang pantas diberikan

                                              1. WINGKO

                                              -          Bahan:

                                              1 kg tepung ketan, 3 butir kelapa diparut

                                              ½ kg gula pasir (sesuai selera)

                                              1 ons mentega, 2 butir telur, 4 gelas air kelapa yang dimasak dan didinginkan

                                              -          Cara Membuatnya

                                              1)      Parutan kelapa, gula pasir, telur, garam, diuleni sampai lemas

                                              2)      Masukkan tepung jadi satu  kedalamannya sambil diuleni terus

                                              3)      Kemudian air kelapa dimasukkan, aduk hingga rata betul

                                              4)      Cetaklah dalam cetakan open, di atas kompor (arang) dibolak-balik, apabila sudah matang angkat dan  siap dinikmati

                                              Petunjuk  cara membuat di atas akan lebih lengkap bila ditambah….

                                              1. peralatan yang digunakan dan penyajian
                                              2. peralatan yang digunakan  dan cara memperoleh bahan-bahan
                                              3. peralatan yang digunakan dan harga yang pantas ditawarkan
                                              4. peralatan yang dipergunakan dan cara pemasarannya
                                              1. Perhatikan petunjuk erikut ini

                                              Bahasa petunjuk di atas tidak tepat, yang tepat seharusnya….

                                                1. Jarak ke lokasi perkemahan 1KM dari sini
                                                2. 1 KM ke lokasi perkemahan
                                                3. Dari sini ke lokasi perkemahan berjarak 1 KM
                                                4. 1 KM dari sini Anda memasuki lokasi perkemahan
                                              1. Cara menggunakan bedak jerawat

                                              (1)   Berilah sedikit air

                                              (2)   Biarkan beberapa saat hingga kering

                                              (3)   Cucilah wajah dengan air hangat

                                              (4)   Ambillah satu atau beberapa butir bedak yang sudah kering

                                              (5)   Usapkan pada wajah hingga rata

                                              (6)   Taruhlah pada cawan atau tempat  yang sejenis

                                              Urutan yang tepat untuk bahasa petunjuk di atas adalah….

                                              1. (4)-(6)-(1)-(5)-(2)-(3)
                                              2. (4)-(6)-(1)-(2)-(3)-(5)
                                              3. (4)-(6)-(3)-2)-(1)-(5)
                                              4. (4)-(5)-(3)-(1)-(6)-(2)
                                              1. Aturan pemakaian

                                              -          Anak-anak 6-12 : 3 x sehari 1 tablet

                                              -          Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun : 3 x sehari 1,5 tablet

                                              Bahasa petunjuk tersebut  membingungkan. Bahasa yang tepat untuk memperbaiki Bahasa petunjuk di atas adalah….

                                              1. Anak-anak: 6-12 : 3 x sehari 3 tablet

                                              Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun 3 x sehari  4,5 tablet

                                              1. Anak-anak : 6 -12 : 3 x sehari, 1 tablet/minum

                                              Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun 3 x sehari, 1,5 tablit/minum

                                              1. Anak-anak : 6-12 : 3 x sehari, sekali  minum sebanyak 1 tblet

                                              Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun 3 x sehari sebanyak 1 tablet sekali minum

                                              1. Anak-anak : 6-12 : 3 x sehari, minumlah 1 tablet sehari minum

                                              Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun 3 x sehari minumlah 1 tablet tiap minum

                                              1. Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bus, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menusuri jalan  raya arah  ke barat. Maka kira-kira sekilo meter dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, simpang kelima, membeloklah ke jalan sempit itu. Dan diujung jalan itu nanti akan Tuan temui sebuah  surau tua.

                                              Bila digambar menjadi sebuah peta, bahasa petunjuk tersebut adalah….

                                              Surau
                                              PASAR
                                              a.
                                              PASAR
                                              b.
                                              Surau
                                              PASAR
                                              c.
                                              Pasar
                                              Surau
                                              d.
                                              PASAR
                                              1. Informasi pendaftaran siswa baru
                                                1. Waktu             : Mulai tanggal 1 Juli s.d. 18 Juli 2009

                                              Mulai pukul 07.00 s.d. 12.00, Jumat, pukul 07.00 – 10.30

                                                1. Tempat Pendaftaran : Kantor SMP X
                                                2. Syarat Pendaftaran

                                              -          Lulusan SMP /MTs

                                              -          SKHUN asli dan fotokopi 2 lembar

                                              -          Ijazah asli dan fotokopi 2 lembar

                                              -          Pasfoto 3×4 hitam putih/berwarna 4 lembar

                                              -          Biaya pendaftaran Rp 75.000,00

                                                1. Pendaftaran datang sendiri/bukan kolektif ke tempat pendaftaran
                                                2. Mengisi formulir pendaftaran
                                                3. Semua berkas dimasukkan ke stopmap

                                              -          kuning untuk putri

                                              -          Merah untuk putra

                                              Bila dijadikan bahasa petunjuk, yang tepat adalah….

                                              1. -  Kumpulkan kelengkapan pendaftaran

                                              -  Datanglah ke tempat pendaftaran

                                              -  Mintalah formulir pendaftaran dan isilah dengan lengkap dan benar

                                              -  Masukkan semua kelengkapan beserta formulir ke dalam stopmap warna kuning untuk putri atau warna merah untuk putra

                                              -  Serahkan berkas dalam stopmap tersebut ke panitia pendaftaran sambil membayar uang pendaftaran

                                              -  Tunggulah sampai proses pendaftaran selesai

                                              -  Pulanglah setelah selesai pendaftaran diterima panitia

                                              1. - Bawalah kelengkapan pendaftaran

                                              - Datanglah ke tempat pendaftaran

                                              -  Isi formulir, kumpulkan kelengkapan pendaftaran ke dalam stopmap yang ditentukan

                                              - Serahkan kelengkapan pendaftaran ke panitia sambil membayar uang pendaftaran

                                              - Mintalah kuitansi

                                              - Tunggulah tempat pendaftaran

                                              1. Kumpulkan kelengkapan pendaftaran

                                              -    Menuju ke lokasi pendaftaran

                                              -    Mengawasi keadaan di lokasi pendaftaran

                                              -    Setelah yakin mendaftarlah sesuai dengan ketentuan

                                              -    Pulanglah setelah proses pendaftaran selesai

                                              1. Kumpulkan semua kelengkapan pendaftaran ke dalam stopmap kuning atau merah sesuai dengan jenis kelamin

                                              -    Datangi tempat pendaftaran

                                              -    Endaftarlah sampai prosesnya selesai

                                              -    Pulanglah

                                              1. Perhatikan peta daerah tersebut!
                                              LAREN
                                              Bengawan Solo
                                              SMP 1 Maduran
                                              Dempel
                                              Centini
                                              Ngarum
                                              Miru
                                              Kudikan
                                              Busu
                                              SMP3 Babat
                                              Pucuk
                                              ke Surabaya

                                              Bacalah kutipan drama berikut ini, kemudian kerjakan 4 soal berikutnya!

                                              Sepulang sekolah Deri membuka sepato dan kaos kakinya. Ia meletakkan begitu saja di belakang pintu rumahnya. Ia lalu segera pergi ke kamarnya. Ibunya melihat tindakan Deri.

                                              (1) Ibu                : (marah) Deri sepatumu jangan diletakkan sembarangan. Kan, sudah ibu sediakan rak khusus untuk menyimpan sepatu.

                                              (2) Deri               : (menyika keringat di keningnya) Deri kan capek, Bu. Hari ini rasanya gerah banget. Lagian kan ada Bi Srurti

                                              (3) Ibu                : Bi Surti pulang kampung selama tiga hari. Lagian, kenapa kamu menanyakan Bi Surti?

                                              (4) Deri               : Biasanya kan Bi Surti yang suka membereskan sepatuku.

                                              (5) Ibu                : (kesal) Untuk hal seperti itu, ibu rasa kamu bisa mengerjakannya sendiri.

                                              (6) Deri               : (segala mengambil sepatu dan kaos kakinya yang berserakan) Ah… Ibu. Deri segera masuk ke kamarnya.

                                              1. Berdasarkan teks drama di atas, penyebab konflik antara Deri dengan ibunya?
                                                1. Deri meletakkan sepatu dan kaos kakinya di kamar.
                                                2. Deri meletakkan sepatu dan kaos kaki di belakang pintu rumahnya
                                                3. Ibu kesal melihat Deri pulang
                                                4. Bi Surti sedang pulang kampung
                                              1. Bukti watak Deri yang suka menggantungkan diri pada orang lain, ditandai dengan nomor….
                                                1. 1
                                                2. 2
                                                3. 3
                                                4. 4
                                              1. Setting waktu yang terjadi pada kutipan teks drama tersebut adalah….
                                                1. pagi hari
                                                2. siang hari
                                                3. sore hari
                                                4. malam hari
                                              1. Suasana yang tergambar pada kutipan daram tersebut adalah….
                                                1. mengharukan
                                                2. menyenangkan
                                                3. menyedihkan
                                                4. menegangkan

                                              Bacalah cuplikan dram berikut ini, kemudian kerjakanlah dua soal berikutnya!

                                              Di pnggir jalanan  kawasan pengamen tengah melakukan perbinjangan

                                              (1) Kemal              : Dapat berapa kita hari ini?

                                              (2) Atet                 : Sebentar, aku hitung dulu (menghitung uang recehan, penghasilan mereka)

                                              (3) Iwo                  : Eh, kawan-kawan, tadi malam aku bermimpi kejatuhan durian!

                                              (4) Atet                 : Benjol dong kepalamu. Eh, Wo, jangan mimpi-mimpi melulu, deh!

                                              (5)Iwo                   : Memangnya kenapa kalo mimpi kejatuhan durian?

                                              (6) Kemal              : Kitajadi kenelet pingin durian dong! Ah, bengo kamu!

                                              (7) Iwo                  : Iya, mimpi dulu, nanti benerannya!

                                              (8) Kemal              : Dasar tukang mimpi!

                                              (9) Atet                 : Sudah, sudah! Eh, Wo, Mal, lumayan juga penghasilan kita hari ini.

                                              (10) Iwo                : Berapa?

                                              (11) Atet               :  Tiga ribu dua ratus rupiah.

                                              (12) Kemal            : Berarti kita bisa makan sama-sama sebungkus nasi kuah syor dong..

                                              1. Menurut penggalan teks drama  tersebut, apa yang membuat kawasan pengamen bergembira saat itu?
                                                1. Mereka mendapatkan durian jatuh
                                                2. Mereka bisa mengamen di jalanan
                                                3. Mereka memperoleh penghasilan yang lumayan
                                                4. Mereka bermimpi kejatuhan durian
                                              1. Suasana yang muncul dalam kutipan drama  tersebut adalah…
                                                1. menggemaskan
                                                2. menyenangkan
                                                3. menyedihkan
                                                4. mengharukan

                                              Bacalah kutipan drama berikut ini, kemudian kerjakanlah empat soal berikutnya!

                                              Teman-teman Marni berkunjung ke rumahnya, namun Marni tak ada di tempat. Marjuki ayah Marni menemani temuannya. Di sebuah teras mereka bercakap.

                                              Audi                : ini semua Marni yang melukis Om?

                                              Marjuki            : Ya, Marni semua.

                                              Irna                  : Luar biasa, Sangat berbakat.

                                              Lala                 : Fantastis!

                                              Irna                  : Di mana Marni belajar melukis Om? Setahu saya, di sekolah marni tidak pernah  belajar

                                              Marjuki            : Saya juga kurang tahu. Sejak kanak-kanak marni lebih tertarik menari atau menyanyi.

                                              Audi                : Apa ini yang dikerjakan Marni selama seminggu lebih tidak masuk sekolah?

                                              Marjuki            : Marni mengerjakan ini hanya sehari semalam

                                              Semua             : Oh… luar biasa.

                                              Irna                  : Sangat luar biasa! (beberapa saatdiam) Om, ada apa sebetulnya dengan Marni?

                                              Lala                 : Apa dia sedang jatuh cinta dan …

                                              Audi                : …  dan Om melarangnya?

                                              Marjuki            : Saya tidak pernah melarang. Saya hanya meminta marni memilih pemuda yang tepat dan jangan pacaran sembarang waktu. Jangan sampai pacaran mengganggu jam belajar. Itu kan tuntutan umum setiap orang tua?

                                              Irna                  : Mungkin cara Om meminta pada Marni terlalu keras, dan…

                                              Lala                 : … dan marni terluka hatinya.

                                              Irna                  : Ya, terluka hatinya. Lihat om, lihat semua lukisan itu. Saya bisa menangkap, luka hati yang sangat, sangat dalam.

                                              1. Apa yang mendorong teman-teman marni datang ke rumahnya?
                                                1. karena seminggu lebih Marni tidak masuk sekolah
                                                2. karena Marni pandai melukis
                                                3. sebab marni telah jatuh cinta
                                                4. ingin belajar melukis pada marni
                                              1. Hal apa yang dikagumi oleh Audi dan kawan-kawan pada marni?
                                                1. Kepandaian Marni dalam menari dan menyanyi
                                                2. Kepandaian Marni dalam melukis
                                                3. Kemampuan Marni ketika  belajar melukis bersama
                                                4. Kemampuan marni dalam memilih pemuda
                                              1. Apa persoalan yang dihadapi Marni hingga ia pergi dari rumahnya?
                                                1. Marjuki melaang marni pacaran.
                                                2. Marni dilarang marjuki untuk melukis
                                                3. Marjuki bersikap terlalu keras kepada marni.
                                                4. Marni diminta memilih pemuda yang tepat dan mengikuti nasehat Marjuki.
                                              1. Apa yang dibuat teman marni yang menyimpulkan kalau dia terluka hatinya?
                                                1. dari bentuk lukisan yang dibuat oleh Marni
                                                2. dari ucapan yang disampaikan Marni kepada teman-temannya
                                                3. dari surat yang ditulis Marni untuk teman-temannya
                                                4. dari perilaku Marni selama ini
                                              1. Perhatikan dialog berikut ini!

                                              Nita     : (dtang tergopoh-gopoh) Rina, Bi,…

                                              Ani telah melahirkan. Anaknya laki-laki. Tapi…, keduanya tidak tertolong.

                                              Rina     : (terkejut seraya menangis) Oh, kasihan! Aku sudah menduga, sepertinya beliau mengidap suatu penyakit

                                              Nita     : Yah, Rin, kita doakan saja semoga arwahnya diterima di sisi-Nya.

                                              Dialog di atas menggambarkan keadaan…

                                                1. sedih
                                                2. kecewa
                                                3. murung
                                                4. menyesal
                                              1. Ken Arok

                                              Suatu jalan di tengah hutan, pada siang hari menjelang sore, Ken Arok tidur di atas cabang pohon.

                                              Perampok I      : Tita, bisakah dia tidur seperti itu?

                                              Tita                  : (tersenyum) Apa salahnya di tidur?

                                              Perampok I      : ya, tidak ada salahnya. Tapi, rasanya tidak pantas. Orang lain gelisah dan tegang ia enak-enak tidur.

                                              Tita                  : Kalau kau takut, kami tidak memaksamu ikut dalam perjalanan ini.

                                              Perampok I      : Siapa yang takut?

                                              Tita                  : Barangkali kau tidak percaya padaku?

                                              Perampok I      : Tidak juga. Dia begitu terkenal, masa bertindak sembrono.

                                              Tita                  : (tersenyum) Kau tidak akan memahami. Dia bukan manusia. Sekarang tenanglah.

                                              Latar atau setting cerita tersebut adalah….

                                                1. di tengah hutan, sore hari menjelang petang
                                                2. di tengah jalan, siang harimenjelang sore
                                                3. di tengah hutan, pagi hari menjelang siang
                                                4. di sebuah jalan di tengah hutan, siang hari menjelang sore
                                              1. Watak pelaku dalam naskah drama tersebut adalah….
                                                1. Perampok I gelisah, sedangkan Tita tenang
                                                2. Perampok I penakut, sedangkan Tita tenang
                                                3. Perampok I penakut, sedangkan Tita pemberani
                                                4. Perampok I gelisah, sedangkan Tita sembrono
                                              1. Agar dapat memerankan drama dengan baik, latihan yang perlu dilakukan pemain meliputi….
                                                1. Pelatihan menghafal, pelatihan penyempurnaan, akhir dan pengulangan
                                                2. Pelatihan membaca, bloking, menghafal, akhir dan penilaian
                                                3. Pelatihan membaca, berbicara, menghafal dan lengkap
                                                4. Pelatihan membaca, menghafal, lengkap, penyempurnaan, dan akhir.
                                              1. Dalam sebuah medan pertempuran

                                              Komandan I    : serbu…!

                                              Komandan II  : Serang…!

                                              Lafal, mimik, dan kinesik (gerak tubuh) tokoh drama tersebut paling tepat adalah….

                                                1. Lafal    : lantang

                                              Mimik  : mata terpejam,mulut berteriak

                                              Kinesik: tangan mengepal

                                                1. Lafal    : lantang

                                              Mimik  : tersenyum

                                              Kinesik: mengacungkan jempol

                                                1. Lafal    : lantang

                                              Mimik  : mata berbinar, bersemangat, mulut berteriak

                                              Kinesik: tangan diangkat menuding ke depan

                                                1. Lafal    : berbisi

                                              Mimik  : mata melotot, wajah serius

                                              Kinesik: tangan menggenggam diangkat ke atas

                                              1. Tampak dan menuju Nyonya itu datang ke lukisan pada pukul 11.00.

                                              Seniman          : “Silakan Nyonya!  Ini semua lukisan pelukis terkenal, seperti Afandi, Sujoyono, dan Hari.”

                                              Nyonya           : “Itu lukisan potret dari Afandi. Berapa harganya?”

                                              Seniman          : “Rp600 juta, Nyonya.”

                                              Kostum bagi nyonya di atas adalah….

                                                1. Baju sederhana, bersandal, dan membawa dompet.
                                                2. Wjah tanpa rias, baju kaos santai, dan bercelana panjang
                                                3. Berpakaian rapi, muka berias, bersanggul yang tertata, bersepatu tinggi sambil menenteng tas mahal
                                                4. Berpakaian rapi, muka berias, memakai perhiasan emas, dan tanpa alas kaki
                                              1. (Kamar Riki)

                                              Mimpi-mimpi

                                              Papa    : “Apa? Kau ini, ma masih saja dia kau paksa untuk menjadi astronot? Gila! (kepada penonton: Gila ya? Penonton: h-eh he-eh) Pokoknya tidak, Ma! Dia harus jadi ahli mesin atau teknisi yang  handal.”

                                              Mama : “Oho…Tidak bisa!  Dia harus bermimpi jadi astronot! Dia akan memimpin masa depan!”

                                              Papa    :”Tidak bisa, Riki adalah anakku. Whatever will be,  dia harus jadi teknisi!”

                                              Mama  : “Ah…eh… Enak aja sejak kapan dia menjadi anakmu? Aku tidak mau tahu. Dia harus jadi astronot.”

                                              Papa    : “Eh… Riki, tidurlah!”

                                              Mama  : “Tidurlah Tiki!”

                                              Papa    : “Tidurlah  dan bermimpilah menjadi teknisi!”

                                              Mama  : “Bermimpilah  jadi astronot!”

                                              Papa dan mama menyanyikan lagu pengantar tidur.

                                              Jika drama tersebut dipentaskan, suasan pementasan yang tepat adalah….

                                                1. tegang
                                                2. haru
                                                3. humor
                                                4. gembira
                                              1. Watak papa dan mama yang paling tepat jika dipentaskan sesuai dengan teks drama tersebut adalah….
                                                1. tidak mau mengalah
                                                2. penyayang dan penyabar
                                                3. Pemalu dan pemarah
                                                4. Pemarah dan pemberani
                                              1. Aku membiarkan saudara tiriku untuk bermanja-manja pada orang tuaku. Aku berusaha menunjukkan sikap biasa-biasa saja. Dalam hatiku tertulis aku tidak boleh menunjukkan kedengkian-ku. Hari-hariku hanya sedih dan pilu memikirkan nasibku. Aku ingin selalu diteladani oleh orang lain. Akan kutunjukkan semua ini semua pada orang tuaku.

                                              Konflik tokoh yang memerankan cerita tersebut adalah….

                                                1. konflik psikis
                                                2. konflik psikologis
                                                3. konflik ide
                                                4. konflik opini
                                              1. Istilah untuk menyebut penggambaran watak suatu tokoh dalam pementasan dama adalah….
                                                1. karakter
                                                2. setting
                                                3. Tokoh
                                                4. blocking
                                              1. Istilah untuk menyebut  pemilihan pemeran dalam pementasan drama adalah….
                                                1. perwatakan
                                                2. setting
                                                3. casting
                                                4. blocking

                                              Adegan 1

                                              Siang itu sepulang sekolah bowo ketemu Seno di teras sekolah. Sambil berjalan menuju pintu gerbang, mereka bercakap-cakap dengan sangat serius. Seno menceritakan pengalamannya kepada Bowo.

                                              Seno    : ”Bener Bo, serius deh. Aku dengar sendiri. Jeritan itu persis di gedung opera yang mepet rumahku itu. Sumpah aku nggak bohong.”

                                              Bowo  : “Terus kenapa? Kamu  takut?”

                                              Seno    : “Ya iyalah, apalagi gedung itu  kalau malam kan kosong. Jangan-jangan itu jeritan jeritan….itu…. (raut mukanya ketakutan)

                                              Bowo  : “ Itu, it, ituapaan? Kamu kalau ngomong jangan bertele-tele dong!” (jengkel)

                                              Seno    : “ Ya itu, hantu gitu.”

                                              Bowo  : “ memang kamu udah ener-bener yakin kalau ada hantu?” penasaran)

                                              Seno    :“ Yakin 100%. Kalau siang memang ramai banyak pemain opera yang latihan di sana. Tapi kalau malam hiii… jangan-jangan ceritanya seperti hantu phantom. Serem….” (lagi-lagi ketakutan)

                                              Bowo  : (datar) “Terus kok cerita ke aku?”

                                              Seno    : “ Gini Bowo, berhubung papa dan mamaku besok kan pergi ke Bandung. Jadi aku sendirian di rumah. Kamu nginep di rumahku ya…, Aku kan takut sendirian. Ditambah lagi adajeritan-jeritan yang bikin aku tambah pusing dan nggak bisa tidur. Mau ya…, mau dong? Please! (sambil merajuk memohon)

                                              Bowo  : “Iya, iya. Aku bakal nginep di rumahmu.”

                                              Kerjakanlah s

                                              Lima soal erikut ini sesuai kutipan drama di atas1

                                              1. Tema kutipan drama di atas adalah….
                                                1. Kondisi gedung opera yang menakutkan
                                                2. Bowo ketakutan karena ditinggal orang tuanya pergi
                                                3. Jeritan-jeritan yang menakutkan di gedung opera
                                                4. Gedung opera yang menyeramkan
                                              1. Watak Seno berdasarkan petikan drama di atas adalah….
                                                1. pemberani
                                                2. perhatian
                                                3. penakut
                                                4. penurut
                                              1. Watak Bowo berdasarkan  kutipan drama  tersebut adalah….
                                                1. penyayang
                                                2. baik hati
                                                3. penurut
                                                4. pemberani
                                              1. Latar yang tergambar dari kutipan drama tersebut adalah…
                                                1. di gedung opera, malam hari
                                                2. di rumah seno, malam hari
                                                3. di sekolah, siang hari sepulang sekolah
                                                4. di teras rmah, siang hari
                                              1. Amanat dan pesan berdasarkan cuplikan drama tersebut adalah….
                                              2. Seseorang harus bijaksana dalam menyikapi kehidupan
                                              3. Jangan merasa ketakutan yang berlebihan sebelum menngetahui keadaan yang sebenarnya
                                              4. Kita harus menggunakan kesempatan yang baik kalau ditinggal orang tua pergi.
                                              5. Seseorang harus pemberani dalam menghadapi kehidupan

                                              Bacalah cuplikan dram berikut ini dengan saksama, kemudian kerjakan lima soal berikutnya!

                                              SESAL TIADA GUNA

                                              Joko     : (melamun termenung, membelakangi bibi, dipojok sofa)

                                              Bibi     : Nak…, Joko! Mengapa kau melamun, termenung, gelisah…, apakah kiranya yang memberatkan hatimu setelah anakmu lahir?

                                              Joko     : (diam sebentar, intonasi rendah) Ti…tidak! Tidak, Bi! Hanya saya tidak setuju jika dokter dipanggil untuk mengobati mata Mira… (intonasi tinggi) Saya akan mengatakan kepada Mira…, bahwa dokter itu pindah tugas, agar dia tidak dapat diobati.

                                              Bibi     : Joko…, sadarlah, Nak? Itulah titipan dan karunia Allah… Kenapa kau begitu, Nak!

                                              Joko     : Bibi…, maafkan, saya tidak menentang takdir apa yang bibi katakan itu… namun…(sambil mendekati bibi). Seandainya Mira sembuh…, dapat dilihat. Dan bibi setuju Mira matanya diobati…berarti bibi akan menghancurkan kebahagianku…dan Mira akan lari…Akan meninggalkanku.

                                              1. Berdasarkan teks drama tersebut, watak toko bibi adalah…
                                              1. baik hati
                                              2. sombong
                                              3. pemarah
                                              4. egois
                                              1. Latar belakang teks drama tersebut adalah….
                                              1. halaman rumah
                                              2. ruang makan
                                              3. pojok sofa
                                              4. kamar tidur
                                              1. Suasana dalam teks drama tersebut adalah….
                                              1. menyenangkan
                                              2. tragis
                                              3. menakutkan
                                              4. menyedihkan
                                              1. Pesan yang disampaikan pengarang dalam teks drama tersebut adalah…
                                              1. takut kekalahan
                                              2. jangan mudah putus asa
                                              3. kita tidak boleh membeda-bedakan sesama
                                              4. hiduplah yang sederhana

                                              10.  Berdasarkan teks drama tersebut, watak Joko adalah….

                                              1. kejam
                                              2. lemah lembut
                                              3. sabar
                                              4. sombong
                                              1. Sania terpaksa harus meninggalkan neneknya di kampung. Nenek memang sdah mengiklaskannya untuk melanjutkan sekolah dan kembali ke rumah orang tuanya di kota. Dengan perasaan sedih, ia berusaha menahan tangisnya. Namun, melihat menangis tatkala mengucapkan kata berpisah, sania ikut terisak.

                                              Teks drama berdasarkan ilustrasi peristiwa tersebut adalah….

                                                1. Nenek              : Belajar yang baik, sayang!

                                              Sania               : Ya, Nek! Aku senang bisa bertemu ayah.

                                              Nenek              : Salam kepada ayahmu, ya1 (melambaikan tangan)

                                              Sania               : Tentu, nek!

                                                1. Sania               : Sampai ketemu lagi, Nek!

                                              Nenek              : Ayah, ibumu sudah menunggu. Segera berangkat!

                                              Sania               : Oke, kapan nenek bain ke kota?

                                              Nenek              :Kalau ada waktu, ya!

                                                1. Sania               : Lama aku tidak jumpa nenek (menunduk) Apa kabar Nek?

                                              Nenek              : Kabar baik, sayang! Bagaimana kabar ayah ibumu? (menatap Sania)

                                              Sania               : Baik-baik saja

                                              Nenek              : Kalau ada waktu, ya1

                                                1. Nenek              :Belajar yang baik, sayang!

                                              Sania               : Ya, nek! (mencium tangan nenek)

                                              Nenek              : Jangan lupakan nenek! Nenek akan selalu merindukanmu. ( memeluk dan berkata sambil terisak-isak)

                                              Sania               : (mendekap erat nenek) Tentu, Nek. Nia akan ingat nasehat nenek dan sering mengunjungi nenek.

                                              1. Sudah tanggal 10 Edi belum membayar SPP. Ayahnya masih di luar kota, sedangkan ibunya sudah dua minggu sakit. Ia malu kepada gurunya. Bayu ingin meminjaminya dari uang tabungan.

                                              Naskah drama yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….

                                                1. Bayu    : Ada pa, Edi?

                                              Edi      : Aku takut pada guruku. Sudah tanggal 10  aku belum membayar SPP. Bapak tidak kerja dan ibuku sedang sakit.

                                              Bayu    :Sabar, ya. Sebaiknya kamu menghadap Pak guru.

                                                1. Bayu    : Sebenarnya ada apa, Edi?

                                              Edi      : Hari ini kan tanggal 10, uang SPP-ku belum dibayar. Bapakku masih di luar kota, sedangkan ibuku sudah dua minggu sakit. Aku malu pada guruku.

                                              Bayu    :Aku masih punya uang tabungan. Gunakanlah dulu! Jangan khawatir, kapan-kapan saja jika kau sudah punya  uang  baru dibayar.

                                                1. Bayu    : Kenapa kamu sedih?

                                              Edi      : Ibuku sudah dua minggu sakit. Aku tidak bisa membayar SPP karena  ayahku menganggur. Bolehkah aku meminjam uangmu?

                                              Bayu    : Kamu tidak perlu sedih, Ed. Aku masih punya uang tabungan. Uang itu dipakai saja untuk membayar SPP. Kamu tidak perlu mengembalikan

                                                1. Bayu    : Edi, mengapa kamu sedih?

                                              Edi      : Ibuku sedang sakit, Yu. Ayahku pergi elum pulang. Padahal aku belum  membayar SPP.

                                              Bayu    : Jangan khawatir, Ed. Aku punya tabungan. Pakai saja uang itu dan kamu tidak perlu mengembalikan

                                              1. Pak RT            : Wah Pak Juri dan Pak Yus sedang asyik membicarakan apa?

                                              Pak Juri           : Begini Pak RT. Kami sedang membicarakan kenaikan harga BBM. Pendapatan kami tidak ada artinya sekarang ini  karena harga marang naik semua.

                                              Pak RT            : Oh, begitu. Tenang saja, Bapak-bapak. Pemerintah pasti mempunyai cara untuk mensejahterakan rakyatnya.

                                              Pak Yus           : Tadi kamu juga berpikir begitu. Tapi, program pemerintah apakah akan berhasil?

                                              Pak RT            : ….

                                              Pak Juri           : baiklah, mudah-mudahan kebijakan ini akan berdampak baik bagi negara dan bangsa kita, amin.

                                              Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah….

                                                1. Sebagai rakyat,kita perlu mendukung program pemerintah. Kalau kita percaya dan sabar, insyaallah negara kita akan sejahtera.
                                                2. Saya tidak percaya program ini akan diterima baik oleh masyarakat. Apa bapak juga setuju dengan kebijakan pemerintah?
                                                3. Kita harus bagaimana lagi? Kita tidak dapat berbuat  banyak kecuali menyetujuinya. Kita ini hanya rakyat kecil,  ya, mau apa lagi?
                                                4. Ah, saya bingung bagaimana cara mengatasi masalah ini? Apa kita protes saja kepada pemerintah! Bagaimana Pak Juri dan pak Yus?
                                              1. Firman sangat nakal. Ia selalu usil terhadap teman-temannya. Hari ini Firman dihukum Bu Dewi karena membuat Linda menangis. Firman telah merusuk prakarya milik Linda.

                                              Naskah drama yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…

                                                1. Bu Dewi          : (mendekati linda) Mengapa kamu menangis?

                                              Linda                           : (sambil terisak-isak menjawab pelan) itu, Bu. Firman merusak Prakarya saya…hu…hu…hu. (Firman terlihat gugup dan ketakutan)

                                              Bu Dewi          : Firman! Kamu harus membuat prakarya Linda  seperti semula.

                                                1. Firman             : Gitu aja nangis? Dasarcengeng!

                                              Linda               : kamu jahat! (sambil menangis)

                                              Firman             : Biarin (terlihat gugup dan ketakutan)

                                              Bu Dewi          : Firman! Kamu memang nakal!

                                                1. Linda               : Bu, tolong hukum Firman. Dia merusakkan prakarya saya

                                              Firman             : Tidak, Bu…prakaryanya tidak sengaja saya injak.

                                              Bu Dewi          : Semua salah. Linda dan Firman harus dihukum

                                                1. Bu Dewi          : Firman. Tolong perbaiki prakarya Linda.

                                              Firman             : Mengapa saya yang harus memperbaiki?

                                              Linda               : Karena kamu yang merusak prakaryaku.

                                              Bu Dewi          : Atau kamu memilih ibu skors selama tiga hari?

                                              1. Di sebuah emperan terminal duduk tiga orang bocah kira-kira berumur 12-15 tahun. Mereka sedang mengobrol setelah selesai menyemir sepatu. Sebentar-sebentar mereka menyapa orang yang lalang.

                                              Adi         : Ini tas siapa ya?

                                              Tono       : Aku tidak tahu, kalau kamu Edo?

                                              Edo        : Aku juga tidak tahu. Coba kamu buka! (ternyata berisi uang yang cukup banyak, di dalamnya juga terdapat foto dan alamat pemilik tas)

                                              Tono       :…

                                              Adi         : kamu jangan  sok suci, ya! Tas ini sudah jadi milik kita!

                                              Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah dialog drama tersebut adalah….

                                                1. Ah, masa bodoh, sekarang tas ini milik kita.
                                                2. O, ini kan foto milik Bapak yang sepatunya  saya semir, mari kita kembalikan!
                                                3. Terserah apa katamu! Aku akan mengambil uang itu!
                                                4. Aku tidak mau pusisng, yang penting aku minta bagian!
                                              1. Jam tujuh sebelum ke pasar, marto manuk telah siap. Ia ingin segera ke rumah Disan adiknya untuk melihat hasil karyanya. Dan ketika melangkah keluar, seorang menemuinya.

                                              “Oo, Sentayib. Ada perlu apa?”

                                              “Lho sampean kok sudah siap-siap ke pasar?”

                                              “Ke rmah Dirsan.”

                                              “Lho, sampean sudah tahu, ta?”

                                              “Tahu apa?”

                                              “Dirsan adik sampean itu meninggal.”

                                              “Yang bener kamu ngomong,” marto manuk setengah teriak karena terkejut.

                                              Teks drama yang paling tepat sesuai dengan cerita tersebut adalah….

                                              1. Marto Manuk           : (sudah siap akan pergi dan baru beberapa langkah berjalan tiba-tiba ada seseorang menemuinya) Oo, Santayi. Ada perlu apa?

                                              Santayib                   : Lho, sampaean kok sudah siap-siap ke pasar?

                                              Marto Manuk           : Ke rumah Dirsan.

                                              Santayib                   : Lho, sampean sudah tahu, ta?

                                              Marto manuk            : tahu apa?

                                              Santayib                   : Dirsan, adik sampean itu meninggal.

                                              Marto manuk            : Yang benar kamu ngomong (setengah berteriak)

                                              1. Santayib                   : Permisi…

                                              Marto Manuk           : Ada apa? Pagi-pagi main ke rumahku?

                                              Santayib                   : Begini, mbah. Ada kabar duka. Adik simbah meninggal dunia.

                                              Marto Manuk           : Yang benar saja kamu ngomong (sangat terkejut)

                                              Santayib                   : Dirsan, adik sampean itu meninggal

                                              Marto Manuk           : Yang benar kamu ngomong (setengah berteriak)

                                              1. Marto Manuk           : Wah, mengapa pagi-pagi buta Anda ke rumah saya? (terheran-heran

                                              Santayib                   :  Saya membawa kabar burul. Mbah.

                                              Marto Manuk           : Kabar buruk apa?

                                              Santayib                   :  Adik simbah  meninggal tadi malam.

                                              Marto Manuk           : Enak saja kamu ngomong. (sambil marah-marah)

                                              1. Santayib                   : (berlari tergopoh-gopoh) Mbah…Mbah…!

                                              Marto Manuk           : Ada apa, kenapa berlari-lari?

                                              Santayib                   : Anu, Mbah… (sambil terengah-enah)

                                              Marto Manuk           : Duduklah dlu, baru kamu cerita.

                                              Santayib                   : (duduk di balai-balai) Mbah, dirsan, adik Mbah meninggal dunia.

                                              Marto manuk            : mana mungkin, semalam aku masih ngobrol dengannya. (terkejut dan tidak percaya)

                                              1. Janu                 : (Janu masih termenung di kursi tamu sendirian. Tiba-tiba ibu muncul dari dalam dan mendekati Janu)

                                              Ibu                   : Ada apa Nak? Kenapa bersedih?

                                              Janu                 : (hanya mengelengkan kepala dengan les. Tak sepatah kata keluar dai mulutnya)

                                              Ibu                   : Kamu sakit. Atau lapar.

                                              Janu                 : Begini Bu, besuk Janu harus membayar  uang praktikum. Janu tahu ibu tidak punya uang. Janu ingin meringankan beban itu, tapi bagaimana caranya?

                                              Ibu                   : Sudahlah, Nak! …  .

                                              Janu                 :  Tapi kebutuhan sehari-hari kita nanti bagaimana?

                                              Ibu                   : berdoa saja, semoga ibu dapat rezeki lagi. (terdengar ktukan pintu. Tampak seorang ibu membawa kain yang akan dijahitkan). Lihat Janu, enarkah kata ibu?

                                              Janu                 : Iya, Bu. (sambil tersenyum)

                                              Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah dialog drama tersebut adalah….

                                              1. Jangan bersedih lagi
                                              2. Ibu masih ada simpanan uang untuk  kebutuhan kita kok.
                                              3. Ayo semangat  membantu ibu bekerja!
                                              4. Ibu akan mencari pinjaman
                                              1. Daerah Pak Sakir merupakan daerah  rawan banjir. Malam itu hujan sangat deras. Keluarga Pak Sakir sedang duduk di ruang tamu. Mereka sangat cemas jika banjir datang lagi. Pak Sakir tetap tenang karena kepala desa telah menyiapkan tempat mengungsi.

                                              Naskah drama yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….

                                                1. Malam itu hujan deras. Pak Sakir dan keluarganya duduk di ruang tamu.

                                              Bu Sakir  : (cemas) Hujannya kok semakin deras, ya. Kalau banjir gimana, Pak?

                                              Pak Sakir : Tenanglah hati kalian. Jangan khawatir karena Pak Kades telah menyiapkan tepat mengungsi (tenang)

                                                1. Bu Sakir : Pak, Pak! Banjir datang lagi!

                                              Pak Sakir : Tenang, Bu.  Selamatkan diri ke tempat pengungsian. (kepanikan menyelimuti wajah mereka)

                                                1. Hujan turun dengan deras. Di sebuah rumah tampak keluarga sedang berbincang sambil menonton  televisi.

                                              Bu Sakir  : Lihat, Pak! Banjir terjadi di mana-mana!

                                              Pak Sakir : Iya, Bu. Kita harus bersyukur karena daerah kita aman.

                                              1. Pak Sakir : Bu, bagaimana kalau kita menyumbangkan sebagian dana untuk  korban banjir?

                                              Bu Sakir  : Ia, Pak saya setuju.

                                              Pak Sakir : Kita harus menyumbangkan ke mana?

                                              Bu Sakir  : Kita bawa ke tempat pengungsian

                                              1. Cermati dialog dengan saksama!

                                              Ardi        :…(1)…

                                              Arif        : Ar, saya  ingin mengikuti kunjungan ke musium, tetapi orang tuaku tidak mempunyai biaya.

                                              Ardi        : Kalau begitu kamu datang saja ke rumahku. Aku akan membantu menyampaikan masalahmu kepada orang tuaku. Mudah-mudahan beliau dapat membantu.

                                              Arif        :…)2)…

                                              Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah….

                                                1. (1) Boleh saya tahu? Terima kasih dan kamu anak yangbaik.
                                                2. (1) Boleh saya tahu masalahnya? (2) Terima kasih.
                                                3. (1) Boleh saja. (2) Terima kasih.
                                                4. (1) Rif, mengapa kamu  termenung? (2) Terima kasih Ardi, kamu memang sahabatku yang paling baik.
                                              1. Andi adalah anak saleh dan ramah. Dia anak yatim yang berbakti dan setia kepada ibunya. Pada saat liburan dia diajak oleh Ali dan Arsad camping ke hutan lindung. Ketika mereka  akan berangkat, tiba-tiba ibu Andi mendadak sakit keras. Karena reencana sudah matang, kedua temannya tetap mengajak berangkat tanpa mempedulikan keadaan Andi. Andi menjadi bingung.

                                              Naskah drama yang paling tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah….

                                                1. Ali       : (bersemangat) Gimana An, sudah siap? Ayo berangkat!

                                              Andi    : Maaf, Al, ibumu… sakit mendadak. (menunduk)

                                              Arsad  : Ala, mengapa lu pikirin. Nanti, juga kan sembuh sendiri.

                                              Ali       : Iya An, rencana kita kan sudah matang, ingat, demi kita!

                                              Andi    : (bingung) Gimana ya!

                                              1. Arsad  : (bersemangat) Gimana, An, sudah siap? Ayo berangkat!

                                              Andi    : Maaf, Ar. Aku ragu. (menunduk)

                                              Ali       : Mengapa, An, tiba-tiba kau berubah pikiran? Kita berangkat sajalah!

                                              Andi    : Ibuku sakit mendadak. Aku harus menungguinya.

                                              Arsad  : Jangan kita tunda keberangkatan ini!

                                              Andi    : Aduh, gimana dong? Kita memang sudah sepakat! Tapi…(bingung)

                                              1. Andi    : Al, ibuku tiba-tiba sakit. Gimana rencana kita?

                                              Ali       : Rencana sudah matang. Kita harus berangkat.

                                              Arsad  : Betul An,  kita harus kompak.

                                              Andi    : baik, ibuku akan kubujuk agar merelakanku.

                                              Arsad  : Nah, gitu dong, sepakat?

                                              1. Arsad  : (antusias) Al, gimana persiapanmu? Ayo berangkat!

                                              Ali       : Oke, aku tinggal cabut saja.

                                              Arsad  : Kamu gimana, An!

                                              Andi    : Sebenarnya ibuku sakit, tapi aku siap juga. Kita harus berangkat.

                                              Ali       : Demi kita, Trio Singa (mereka menyatukan tangan)

                                              KOMPETENSI DASAR : 1.1  MENGANALISIS LAPORAN

                                              Disusun oleh : Pengurus MGMP

                                              1. Penulisan judul laporan kegiatan yang paling tepat adalah….
                                                1. Keadaan penduduk kota dalam perbandingan dengan keadaan penduduk desa
                                                2. Hasil  Percobaan Masyarakat Desa dalam pemeliharaan lele dumbo
                                                3. Percobaan Pembiakan Pohon Anggur dengan Sistem Cangkok
                                                4. Kegiatan Remaja Kecamatan Lamongrejo dalam mengisi Liburan sekolah
                                              1. Di bawah ini yang tidak termasuk jenis-jenis laporan adalah….
                                                1. laporan berbentuk surat
                                                2. laporan memorandum
                                                3. laporan upacara pernikahan
                                                4. laporan berbentuk formulir lisan
                                              1. Bahasa yang tidak digunakan dalam laporan adalah….
                                                1. Logis dan jelas
                                                2. Jelas dan baku
                                                3. Baku dan logis
                                                4. menarik dan indah
                                              1. Berikut ini yang tidak termasuk  isi laporan penelitian siswa adalah….
                                              1. Landasan teori
                                              2. Halaman judul
                                              3. Hasil penelitian
                                              4. Bab pendahuluan
                                              1. Sumber api berasal dari kompor yang meledak. Mula-mula api tersebut membakar seisi dapur, kemudian merambat ke atap rumah tetangga. Penduduk panik memadamkan  kobaran api menjalar ke rumah  tetangga. Setelah dua jam, kobaran api dapat dikuasai.

                                              Laporan di atas merupakan peristiwa….

                                              1. tabrakan lalu lintas
                                              2. kebakaran
                                              3. guning meletus
                                              4. pemadam kebakaran
                                              1. Pola urutan laporan  tersebut  (paragraf soal nomor 5) adalah….
                                              1. Pola urutan waktu
                                              2. Pola urutan tempat
                                              3. Pola urutan ruang
                                              4. Pola urutan topik
                                              1. Pulau Bangka ternyata memiliki pantai yang indah. Di pantai pasirnya terasa lain dari yang lain. Lembut di kaki dan warnanya  cerah kuning gading. Di bagian laut airnya bisa tenang tiada berombak sehingga  mirip kolam. Pantainya di sepanjang pesisir bagian dalam dan luar itu tidaklah mementang panjang.

                                              Hal yang dilaporkan dalam bacaan di atas adalah ….

                                              1. batu karang di pulau Bangka
                                              2. warna kuning yang terdapat di pantai
                                              3. keindahan pantai di Pulau Bangka
                                              4. keindahan air di suatu pantai
                                              1. Pola urutan laporan di atas (soal nomor 7) adalah….
                                              1. pola urutan waktu
                                              2. pola urutan tempat
                                              3. pola urutan topik
                                              4. pola urutan sebab-akibat
                                              1. Bahkan bantuan terhadap petani Krangkeng dalam bercocok tanam padi ini, sudah terjadi  saat baru dalam persemaian bibit. Bibit baru disemaikan, banjir pun datang, hingga habis terbawa banjir. Ganti persemaian ini kerap terjadi lebih dari satu kali.

                                              Laporan di atas mengemukakan….

                                              1. suka duka petani Krangkeng
                                              2. Penduduk kecamatan Krangkeng yang hidup sulit dalam kehidupannya.
                                              3. Berbagai cobaan yang dijalani petani Krangkeng
                                              4. Persemaian petani Krangkeng pada musim hujan.

                                              10.  LAPORAN HASIL KUNJUNGAN

                                              (1)   Kelompok I

                                              Ketua,

                                              Candra Darusman

                                              (2)   Hasil kunjungan kami ke objek wisata  Candi Borobudur

                                              (3)   Hasil kunjungan: Candi Borobudur terletak di desa Muntilan Magelang Jawa Tengah, didirikan pada tahun 850 M, oleh  Raja Samaratungga

                                              (4)   Hari/tanggal  kunjungan : Sabtu, 15  Mei 2009

                                              (5)   Jumlah peserta: 25 orang

                                              (6)   Objek kunjungan : Candi Borobudur

                                              (7)   Jakarta, 21 Mei 2009

                                              Susunan urutan laporan hasil kunjungan tersebut yang benar adalah….

                                              1. 4-2-5-7-3-1-6
                                              2. 3-5-7-4-2-6-1
                                              3. 2-4-6-5-3-7-1
                                              4. 1-2-4-6-5-7-3

                                              11.  Pola urutan  penyusunan laporan di atas lebih tepat disebut….

                                              1. pola urutan waktu
                                              2. pola urutan tempat
                                              3. pola urutan topik
                                              4. pola urutan logis
                                              KOMPETENSI DASAR 6.2 Bermain peran  dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa SMPN 2 Pucuk PENGURUS MGMP
                                              1. Adegan pertama
                                              Koswara

                                              Rini

                                              Koswara

                                              Rini

                                              Kuswara

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              Sejak pulang tadi malam tak sedikit pun engkau gembira tampaknya.

                                              Engkau dan aku tentu saja berbeda. Di sini dalam serba kekurangan, di sana dalam sorga kenangan berjalan-jalan di bawah rembulan.

                                              Sejak nona Zahra di sini tak habis-habisnya engkau menyindir aku.

                                              Katanya saja “pucuk dicinta ulam tiba” (tertawa mengejek). Tidaklah engkau gembira bertemu lagi dengan nona yang manis itu? Dan sekali lagi tidak disertai pula. Tentu banyak yang kau curahkan kepadanya.

                                              Sikapmu pada yang lain itu berbeda.

                                              Sikap Rini tampak dalam adegan penggalan drama tersebut adalah….

                                              1. tidak gembira
                                              2. suka menyindir
                                              3. pencemburu
                                              4. suka mengejek
                                              1. Perhatikan penggalan berikut ini!
                                              Ibu

                                              Ari

                                              Budi

                                              Ibu

                                              Ari

                                              Ibu

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              (gembira) “Kau tidak apa-apa,  Nak?”

                                              “Hanya kena pukul sedikit di pipi, Bu. Tetapi tak apa. Kemudian waktu diperiksa polisi, ternyata dompetnya tidak hilang. Ia lupa membawa dari rumah.

                                              (marah) Kurang ajar…enak saja menyangka orang…”

                                              “Sudahlah,Ari…Budi… lain kali kamu jangan begitu….”

                                              “Habis bagaimana, Bu? Kita biarkan saja orang menghina dan menuduh yang bukan-bukan? Karena miskin, begitu saja disangka jahat?”

                                              “Sudahlah, nak yang benar tetap benar, meskipun dalam pembungkus yang jelek. Memang banyak orang mengkukur dari kulit luar saja.”

                                              Dalam drama di atas tokoh yang bersikapmarah adalah….

                                                1. ibu
                                                2. polisi
                                                3. Budi
                                                4. Ari
                                              1. Perhatikan dialog dram berikut ini!
                                              Ibu

                                              Orang asing

                                              Ibu

                                              :

                                              :

                                              :

                                              “Jika Ndoro mau menunggu sebentar, suami saya segera datang dari ladang.”

                                              “Apakah tidak sendiri  di rumah terpencil seperti ini, hanya dua perempuan malam-malam begini?”

                                              “Apa yang kamu lakukan? Apa yang akan dirampok dari kami? Dan siapakah yang mau dengan saya? Sinah akan menghajar mereka. Ia lebih kuat dari kebanyakan laki-laki.”

                                              Nada yang dinyatakan oleh tokoh orang asing adalah….

                                                1. ketakutan
                                                2. keheranan
                                                3. kekaguman
                                                4. keanggaan
                                              1. Hujan makin deras (melihat ke langit) Bagaimana ya? Kalau di sini terus mungkin akan terlambat. Ah… aku harus pergi?

                                              Penggalan di atas harus diperankan dengan ekspresi….

                                                1. kesal
                                                2. bingung
                                                3. gelisah
                                                4. marah
                                              1. Penggalan yang menggambarkan ekspresi kesal dan binggung adalah….
                                                1. Tidak! Aku tidak mau. Apa kau kira hal ini akan kudiamkan. Kurang ajar. Nanti aku selesaikan!
                                                2. Harus Bagaimana? Ditinggal tak berani, diajak juga takut. Anjar kan harus dicari.
                                                3. Yudit. Baiklah. Besok bersama-sama kita pergi ke tempat yang kau sukai. Medan perang.
                                                4. Kalau di sini terus mungkin aku akan terlambat. Ah… Aku harus pergi?
                                              1. Perhatikan penggalan drama berikut ini!
                                              Ayah

                                              Mira

                                              Ibu

                                              Mira

                                              Ayah

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              (membuka pintu) “Dari mana saja kau? Menyusahkan orang tua!

                                              “Maaf, Pak. Jangan marah dulu!” (duduk di kursi)

                                              “Ada apa, mengapa pulang sampai malam, biasanya kalau ada perlu minta izin? Coba ceritakan!”

                                              “Sepulang sekolah saya pergi  ke rumah sakit, teman sekelasnya Ani mendapat kecelakaan, saya ikut mengantarkannya. Kasihan, Pak dia terluka parah.”

                                              “Ya sudahlah kiat doakan agar temanmu cepat sembuh.”

                                              Nilai kehidupan yang tersirat dalam cuplikan drama di atas adalah….

                                                1. sosial
                                                2. historis
                                                3. religius
                                                4. moral
                                              1. Perhatikan dialog dalam drama berikut ini!
                                              Indah

                                              Amir

                                              Indah

                                              Amir

                                              :

                                              :

                                              :

                                              :

                                              Aku sedang tidak punya uang, Mir! (sambil ertopang dagu)

                                              (menghampiri Indah) Memangnya kenapa kalau tidak punya uang?”

                                              (sambil berjalan ke pelataran teras rumah) Tadinya, aku ingin ganti ponselku dengan seri baru

                                              ….

                                              Kalimat saran positif yang tepat untuk melengkapi dialog  dalam drama  di atas adalah….

                                                1. Sudahlah, minta saja pada ibumu!
                                                2. Aku tak mau meminjamkan uangku.
                                                3. Sebaiknya, jangan memaksakan diri!
                                                4. Ya sudah, biar aku yang membelinya!
                                              1. Kalimat dalam drama  yang diperankan  dengan nada membentak  adalah…
                                                1. Kau…kau harus pandai menjaga diri nak (batuk-batuk(. Aku, eh…Oh, aku tak kuat lagi,
                                                2. Sudahlah! Jangan memancing persoalan yang sudah selesai!
                                                3. Maksudku, lebih baik kita berbicara tentang sikap yang selama  ini kau persoalkan.
                                                4. Kau main-main! Kau memperolok-olok aku!
                                              1. Perhatikan dialog drama berikut ini!
                                              Citra

                                              Rani

                                              :

                                              :

                                              (menghampiri Rani) “ Mengapa di tempat yang gelap kamu duduk sendirian!”

                                              “Saya tidak bisa tidur, ingat kepada ibu di rumah.”

                                              Ekspresi yang menyertai pernyataan tokoh Rani adalah….

                                                1. kebahagiaab
                                                2. kesedihan
                                                3. kejengkelan
                                                4. kemarahan
                                              1. Perhatikan dialog drama berikut ini!
                                              Citra : “Ada apa sayang? Tampaknya bingung, resah, wajahmu kusut. Aneh tidak seperti biasa!

                                              Cuplikan dialog drama di atas dilisankan  dengan nada suara….

                                                1. lemah lembut
                                                2. tinggi
                                                3. sedih
                                                4. keras

                                              Leave a comment

                                              No comments yet.

                                              Comments RSS TrackBack Identifier URI

                                              Leave a Reply

                                              Fill in your details below or click an icon to log in:

                                              WordPress.com Logo

                                              You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

                                              Twitter picture

                                              You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

                                              Facebook photo

                                              You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

                                              Google+ photo

                                              You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

                                              Connecting to %s

                                              Follow

                                              Get every new post delivered to your Inbox.