PTK MEMBACA INTENSIF 2008

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF
DENGAN STRATEGI KONTEKSTUAL (CTL) SISWA KELAS VIII
SMP NEGERI 2 NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Laporan
Penelitian Tindakan Kelas
Dibiayai oleh Dana SSN
Tahun Pelajaran 2007/2008

Sujak, S.Pd., M.Pd
NIP. 131990728

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN LANJUTAN PERTAMA
TAHUN 2008

PERSETUJUAN

Laporan PTK dengan judul Peningkatan Pembelajaran Membaca Intensif dengan Strategi Kontekstual (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngimbang Tahun Pelajaran 2007/2008 oleh Sujak
Telah diperiksa dan disetujui oleh Kepala Sekolah,
Pada tanggal:

Peneliti,

Sujak, S.Pd., M.Pd
NIP.131990728

Kepala SMP Negeri 2 Ngimbang
Lamongan, ,

Drs. Kuat Mudiono, M.M
NIP. 131469034

ABSTRAK

Sujak, 2008. Peningkatan Pembelajaran Membaca Intensif dengan Strategi Kontekstual (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngimbang Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2007/2008

Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca Intensif, Kontekstual

Sebagai bagian dari keterampilan berbahasa, keterampilan membaca mempunyai kedudukan yang penting dan strategis. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa pada era informasi ini, semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari keterampilan membaca. Bahkan membaca telah menjadi kebutuhan dan bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat. Keterampilan membaca tidak saja dibutuhkan oleh masyarakat akademis tetapi juga diperlukan siapa saja yang memerlukan informasi dari media cetak. Pada saat-saat senggang di rumah atau di kantor, di saat-saat seperti menunggu giliran periksa dokter, menunggu kereta api atau bus, bahkan pada saat kegiatan memasak di dapur pun kegiatan membaca sangat dirasakan manfaatnya. Walaupun keberadaan keterampilan membaca seperti itu pentingnya, kenyataannya banyak siswa yang kurang bisa memahami isi bacaan dengan maksimal. Hal ini dibuktikan berbagai penelitian tingkat nasional maupun regional. Karena masih seperti itu maka peneliti sekaligus sebagai guru bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 2 Ngimbang berusaha meningkatkan kemampuan membaca siswa tersebut terutama membaca intensif melalui penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dengan strategi kontekstual (CTL), yakni membimbing siswa membaca untuk menemukan ide pokok paragraf, fakta, pendapat, kesimpulan, informasi problematik, dan merumuskan permasalahan untuk bahan diskusi dalam strategi kontekstual (CTL).
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D SMP Negeri 2 Ngimbang Kabupaten Lamongan yang berjumlah 45 anak, 44 anak, 44 anak dan 44 anak. Semua anak pada kelas itu mendapatkan perlakuan yang sama. Adapun sumber data yang digunakan laporan berjumlah 10 anak dari kelas IIIA, 10 anak dari kelas III B, 10 anak dari kelas C, dan 10 anak kelas D. Masing-masing kelas tersebut terdiri dari tiga kelompok, yakni tiga anak kelompok bawah, empat anak kelompok tengah, dan tiga anak kelompok atas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Februari 2008 sampai dengan tanggal 19 Maret 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas yang alurnya sebagai berikut: membuat perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, mengadakan pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan, dan merefleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan. Data penelitian berupa catatan lapangan, catatan hasil pengamatan, dokumentasi perencanaan, dan hasil membaca intensif. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen pununjangnya adalah pedoman observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data dengan teknik kualitatif model mengalir meliputi tahap reduksi data, pemaparan data, verifikasi, dan penyimpulan data. Untuk menguji keabsahan data dilakukan pengecekan ulang (triangulasi) dengan kolaburator dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca intensif meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi kontskstual (CTL) dari siklus I hingga siklus III. Peningkatan yang dimaksud meliputi peningkatan proses membaca intensif dengan skenario pembelajaran sebagai berikut. Guru memotivasi siswa, menjawab pertanyaan berdasarkan gambar, dilanjutkan guru menunjukkan model membaca intensif, siswa menemukan ide pokok, fakta, pendapat, secara individu kemudian dilanjutkan pembahasan secara kelompok. Setelah berkelompok dilanjutkan menentukan informasi problematik dari bacaan dan guru membimbing cara merumuskan permasalahan yang problematik. Kemudian diakhiri dengan presentasi hasil merumuskan permasalahan dalam bentuk diskusi kelas dan refleksi. Berdasarkan hasil membaca intensif dapat dikemukakan sebagai berikut. Hasil pembelajaran dengan tindakan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa memahami bacaan terbukti meningkat. Peningkatan tersebut dilihat dari hasil tes yang dicapai siswa pada setiap akhir pembelajaran. Dari hasil tes terungkap bahwa rata-rata nilai siswa kelompok bawah pada siklus pertama 47, siklus kedua 64, dan pada siklus ketiga 70. Untuk kelompok tengah, rata-rata nilai yang dicapai pada siklus pertama 61, siklus kedua 70, dan pada siklus ketiga 77. Adapun untuk kelompok atas, rata-rata nilai yang dicapai pada siklus pertama 72, siklus kedua 78, dan siklus ketiga 83. Berdasarkan hasil yang dicapai oleh siswa tersebut, baik kelompok bawah, tengah, mapun atas, kemampuan memahami isi bacaan meningkat dan menunjukkan kualifikasi baik
Berdasarkan hasil penelitian, baik dari proses maupun hasil membaca intensif tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca intensif dengan strategi kontekstual (CTL) dapat meningkat. Untuk itu, peneliti menyarankan kepada guru agar mau menggunakan metode ini sebagai alternatif pembelajaran membaca intensif di SMP. Penggunaan strategi ini meliputi; menjawab pertanyaan berdasarkan gambar, menjawab pertanyaan, mengamati model membaca intensif, membaca untuk menemukan ide pokok paragraf, opini paragraf, kesimpulan, informasi problematik, dan merumuskan permasalahan untuh bahan diskusi secara individu kemudin secara kelompok, lalu dilanjutkan melalui diskusi kelas.

KATA PENGANTAR

Bismillahirohmaniroohim, puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan hidayah sehingga peneliti dapat menyelesaikan penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Pembelajaran Membaca Intensif dengan Strategi Kontekstual (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngimbang Lamongan Tahun Pelajaran 2007/2008, yang merupakan salah satu tugas guru terutama ingin mengembangkan profesi agar menjadi guru yang profesional
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Ngimbang karena Bapak Kepala Sekolah selalu memotivasi kami agar mau mengadakan penelitian tindakan kelas. Selain itu kami, bapak, ibu guru yang lain selalu mendukung, baik dalam bentuk moral maupun spiritual. Di antara Bapak/Ibu tersebut adalah:
Pertama, Guru bahasa Indonesia kelas VII dan kelas IX yang sudi dajak berdiskusi tentang pembelajaran tersebut, Saudara Bendahra BOS, bendahara SSN, kesemuanya telah mendukung penelitian tindakan kelas tersebut.
Akhirnya penulis sampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada istri kami tercinta yang selalu sabar serta memberi bantuan dan dorongan, serta doa yang setiap saat peneliti butuhkan. Terima kasih juga penulis sampaikan kepada ananda Galuh Mafela M.S., yang selalu memberi semangat kepeda peneliti pada saat mengalami kejenuhan.
Mudah-mudahan amal baik dari semua pihak, baik yang telah disebutkan maupun yang tidak disebutkan di sini, menjadi amal baik yang diridhoi Allah swt, serta mendapat imbalan yang setimpal dari-Nya. Amin.
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………………………………………………. ………………
LEMBAR PERSETUJUAN ………………………………………………………..
ABSTRAK…………………………………………………………………… …….
KATA PENGANTAR………………………………………………………………
DAFTAR ISI……………………………………………………….. ………………
DAFTAR TABEL………………………………………………………………….
DAFTAR GRAFIK…………………………………………………………………
DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………….
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………….
1.2 Masalah Penelitian……………………………………………………………..
1.3 Tujuan Penelitian………………………………………………………………
1.4 Manfaat Penelitian……………………………………………………………..
1.5 Ruang Lingkup Penelitian……………………………………… ……………..
1.6 Keterbatasan Masalah…………………………………………………………………………
1.7 Asumsi Penelitian……………………………………………………………..
1.8 Definisi Operasional…………………………………………………………………………..
BAB II KAJIAN PUSTAKA………………………………………………………
2.1 Membaca ……………………………………………………………………….
2.1.1 Hekakat Membaca …………………………………………………………..
2.1.2 Proses Membaca………………………………………………………………
2.1.3 Periode Membaca ………………………………………….
2.2. Membaca Intensif ………………………………………………………………
2.3 Strategi Konstektual (CTL) ………………………………………………….
2.3.1 Menyusun Pertanyaan dalam CTL ………………………………
2.3.2 Pemodelan dalam CTL ……………………………………………………..
2.3.3 Menemukan Masalah dalam CTL………………………………………
2.3.4 Masyarakat Belajar/Diskusi dalam CTL…………………………
2.4. Kerangka Teori………………………………………….
2.4.1 Kemampuan Membaca Intensif………………………………..
2.4.2 Pembelajaran membaca Intensif dengan strategi CTL……. 13

BAB III METODE PENELITIAN…………………………………………. …….
3.1 Rancangan Penelitian…………………………………………………. …….
3.1.1 Identifikasi Awal dan Setting Penelitian……………….. …….
3.1.2 Persiapan Penelitian…………………………………………………… …….
3.1.3 Siklus Penelitian……………………………………………………… …….
3.1.4 Refleksi……………………………………………………………….. ……
3.2 Data Penelitian………………………………………………………. …….
3.2.1 Data…………………………………………………………………… …….
3.2.2 Instrumen Penelitian………………………………………………….. …….
3.3 Teknik Analisis Data…………………………………………………… ……

BAB IV PAPARAN DAN TEMUAN PENELITIAN…………………….. …….
4.1 Hasil dan Temuan Siklus I………………………………………………..
4.1.1 Perencanaan Pembelajaran…………………………………………. ……
4.1.2 Pembelajaran pada Tahap Prabaca ………………………
4.1.3 Pembelajaran pada Tahap Saat-baca………………………………….
4.1.4 Pembelajaran pada Tahap Pascabaca ……………………..
4.1.5 Hasil Membaca Intensif Siklus I…………………………….
4.1.5.1 Hasil Membaca Intensif Kelas VIIIA ……………………………………
4.1.5.2 Hasil Membaca Intensif Kelas VIIIB …………
4.1.5.3 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII C ………………
4.1.5.4 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII D…………………..
4.1.6 Refleksi Pembelajaran Siklus I……………………………………………
4.1.7 Temuan Hasil Siklus I………………………………………………. ……
4.2 Hasil dan Temuan Siklus II………………………………………………
4.2.1 Perencanaan Pembelajaran…………………………………………. …..
4.2.2 Pembelajaran pada Tahap Prabaca ………………….
4.2.3 Pembelajaran pada Tahap Saat-Baca…………………
4.2.4 Pembelajaran pada Tahap Pascabaca ……………………
4.2.5 Hasil Membaca Intensif Siklus II……………………….
4.2.5 1 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII A…………………….
4.2.5.2 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII B …………………………………..
4.2.5.3 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII C …………………………………..
4.2.5.4 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII D ………….
4.2.6 Refleksi Pembelajaran Siklus II……………………………………. …..
4.2.7 Temuan Hasil Siklus II…………………………………………….. …..
4.3 Hasil dan Temuan Siklus III……………………………………………..
4.3.1 Perencanaan Pembelajaran…………………………………………. ……
4.3.2 Pembelajaran pada Tahap Prabaca …………………
4.3.3 Pembelajaran pada Tahap Saat-baca…………………………………. ….
4.3.4 Pembelajaran pada Tahap Pascabaca…………………..
4.3.5 Hasil Pembelajaran Membaca Intensif Siklus III …..……
4.3.5.1 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII A ……………………………..
4.3.5.2 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII B ……………………………..
4.3.5.3 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII C …………………………….
4.3.5.4 Hasil Membaca Intensif Kelas VIII D……………………..
4.3.6 Refleksi Pembelajaran Siklus III..…………………………………. ……
4.3.7 Temuan Hasil Siklus III.…………………………………………… ……

BAB V BAHASAN………………………………………………………………..
5.1 Pembelajaran untuk Meningkatkan Membaca Intensif
pada Tahap Prabaca……………………………………………………………..
5.2 Pembelajaran untuk Meningkatkan Membaca Intensif
pada Tahap Saat-Baca…………………………………………………………
5.3 Pembelajaran untuk Meningkatkan Membaca Intensif
pada Tahap Pascabaca………………………………………….. ………………

BAB VI PENUTUP………………………………………………………………
6.1 Simpulan………………………………………………………………………
6.2 Saran……………………………………………………………………………
DAFTAR RUJUKAN……………………………………………………………..
LAMPIRAN-LAMPIRAN…………………………………………………………

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

3.1 Data Siswa Kelas III A SMP Negeri 2 Ngimbang………………….. 31
3.2 Data Siswa Kelas III B SMP Negeri 2 Ngimbang………………….. 33
3.2 Data Siswa Kelas III c SMP Negeri 2 Ngimbang………………….. 33
3.4 Data Siswa Kelas III D SMP Negeri 2 Ngimbang…………………… 34
3.5 Subjek Penelitian Sebagai Sumber Data Utama dari Kelas III A……… 35
3.6 Subjek Penelitian Sebagai Sumber Data Utama dari Kelas III B  36
3.7 Subjek Penelitian Sebagai Sumber Data Utama dari Kelas III C .
3.8 Subjek Penelitian Sebagai Sumber Data Utama dari Kelas III D
3.7 Taraf Keberhasilan Tindakan………………………………………….. 42
3.8 Rambu-rambu Analisis Hasil Penelitian………………………………. 43
3.9 Indikator Ketercapain Membaca Intensif………………………………..
4.1 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII A Siklus I…………………
4.2 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII B Siklus I…………………
4.3 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII C Siklus I…………………
4.4 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas III D Siklus I. ………………… 64
4.5 Hasil Mwmbaca Intensif Siswa Kelas VIII A Siklus II…………………
4.6 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII B Siklus II…………………
4.7 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII C Siklus II…………………
4.8 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas III D Siklus II. …………………
4.9 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII A Siklus III………………
4.10 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII B Siklus III………………
4.11 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas VIII C Siklus IIII……………… 108
4.12 Hasil Membaca Intensif Siswa Kelas III D Siklus IIi …………………
DAFTAR GRAFIK

Grafik Halaman

4.1 Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A, VIIIB, VIIIC dan VIIIA……….118

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1. Tencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)..……………………….. 138
2. Materi pembelajaran.……………………………………………….. 140
3. Pedoman Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Membaca Intensif dengan Strategi CTL……………………..

4. Pedoman Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Membaca Intensif dengan Strategi CTL……………………..

5. Catatan Lapangan…………………………………………………….. 168
6. Questioner Siswa Setelah Tindakan………………………………….. 172
7. Hasil Siswa Kelas VIIIA, VIIIB, VIII, dan VIIID dalam Membaca
Intensif dengan Strategi Kontekstual dari Siswa Kelompok Bawah,
Tengah, dan Atas …………………………………………………………………….
8. Indikator Keberhasilan Membaca Intensif………………………….. 200
9. . Foto-foto Kegiatan Pembelajaran Membaca Intensif …………….
11. Data Pribadi……………………………………………………… 207

DSC00714

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment

  • Calendar

    • August 2009
      M T W T F S S
       12
      3456789
      10111213141516
      17181920212223
      24252627282930
      31  
  • Search